Jasa Interior Kantor – Ingin menyingkirkan rayap di rumah dengan mudah? Artikel ini akan membantu Anda untuk menghilangkan masalah rayap yang selalu mengganggu pada furniture atau rumah Anda. Rayap adalah salah satu serangga yang cukup penting dalam ekosistem disamping itu rayap juga bisa menjadi serangga penghancur yang sangat berbahaya.

Jika tidak memperhatikan adanya rayap dan seluruh bagian rumah akhirnya termakan oleh rayap maka akan menimbulkan kerugian hingga jutaan rupiah. Mempertimbangkan faktor kerusakan akibat rayap, maka pemilik rumah bahkan pemilik perusahaan harus bisa mengidentifikasi adanya keberadaan rayap perusak tersebut.

Dua jenis rayap yang sangat merusak dan banyak ditemukan adalah rayap tanah dan juga rayap kayu. Ciri-ciri keberadaan kedua jenis rayap tersebut dapat diidentifikasi tergantung banyaknya koloni yang muncul.

rayap tanah biasanya berada di bawah tanah dan membangun koloni di tanah. Mereka akan meninggalkan jejak berupa gundukan tanah seperti berjalan di atas permukaan tanah. Mereka dapat merusak dinding dan akan membentuk sarang di permukaan dinding rumah. Khusus rayap ini, terdapat banyak rayap yang memiliki sayap berterbangan di area sarang mereka.

rayap kayu memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan rayap tanah. Mereka akan merusak ke dalam substrat kayu dan membangun sarang di dalamnya. Cermati apakah terdapat serbuk kayu di area furniture serat kayu yang mulai retak. Beberapa rayap bisa dilihat keluar dari retakan tersebut.

 

4 Cara Membasmi Rayap Di Rumah Paling Mudah dan Efektif

 

Apabila rayap sudah ditemukan dan terlihat sarangnya dengan jelas maka tidak sembarangan cara bisa digunakan. Anda mungkin bisa membayar seorang pembasmi serangga dan itu akan membutuhkan banyak uang. Jika melihat adanya tanda-tanda rayap jangan gegabah dan dilakukan metode yang mudah.

Baca Juga: Jasa Interior Jakarta Murah

Ada banyak metode mudah bahkan terbilang efektif yang bisa dilakukan sendiri. Jika Anda menemukan kesulitan sesudahnya baru bisa meminta bantuan oleh para ahli rayap. Berikut ini beberapa cara membasmi rayap yang mudah serta efektif dilakukan terlebih dahulu:

  1. Berikan panas matahari

Rayap adalah serangga yang suka dengan kelembaban khususnya pada rayap kayu. Mereka selalu membangun koloni di area yang lembab dan terbebas dari panas matahari. Inilah kesempatan yang perlu Anda lakukan untuk membasmi mereka. Jika dinding telah dirayapi maka pastikan panas matahari menyinari dinding.

Jika rayap terdapat pada furniture sebaiknya jemur furniture setiap pagi. rayap akan segera mati karena panas matahari. Pastikan saat itu cuaca sedang benar-benar panas and ambil kesempatan emas tersebut untuk menghilangkan rayap.

  1. Hilangkan kelembapan

Lembab adalah dimana rayap mudah tumbuh. Temperatur atau suhu ruangan sebaiknya harus dijaga agar tetap kering. Membasmi rayap dengan mengatur suhu ruangan adalah cara yang paling efektif. Bahkan cara ini tidak membutuhkan obat khusus dan cairan khusus.

Jika ruangan Anda sebelumnya telah lembab sebaiknya berikan bahan-bahan penyerap kelembaban. Jika perlu berikan termometer udara di dalam ruangan dan pastikan suhu udara tetap kering.

  1. Gunakan borax

Jika panas matahari dan menjaga suhu udara tidak berfungsi maka coba gunakan bahan kimia. Anda bisa menggunakan borax. Sebagai bahan pengawet borax juga dapat digunakan sebagai pembasmi rayap. Sodium borate adalah bahan kimia yang cukup aman jika digunakan untuk mematikan rayap tanah dan rayap kayu.

Cara membasmi rayap dengan borax adalah campurkan borax dengan air kemudian semprotkan ke area dimana rayap membuat koloni. Lakukan cara ini secara rutin sehingga rayap tidak akan kembali lagi. Cara menggunakan borax lainnya adalah dengan menaburkan bubuk borax atau menggantinya dengan kuas.

  1. Dengan menggunakan Cuka

Bahan lainnya yang aman sebagai cara menghilangkan rayap adalah cuka. Anda pasti memiliki cuka di dapur, bahan tersebut mengandung bau dan juga kimia yang dapat membunuh rayap. Tingkat keasaman dari cuka adalah bahan yang mampu membunuh rayap secara efektif. Anda bahkan bisa menggunakannya secara berkala tanpa merusak dinding dan kayu.

Cara menggunakan cuka untuk membasmi rayap adalah campurkan dengan air dan masukan ke dalam botol semprot.

Semprotkan cuka pada koloni rayap kayu dan rayap tanpa. Mereka akan mati seketika dan bersihkan dan apabila Anda membutuhkan jasa interior maka bisa kunjungi website Arskal.

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *