Sering mengunjungi cafe berkonsep negeri Sakura Jepang? Kamu pasti akan menemukan menu minuman yang khas. Tak jarang karena terlalu banyak menu minuman kamu pun kebingungan memilih mana menu yang paling enak. 

Kamu mungkin tak bisa mencoba menu minuman yang enak sekaligus tapi bukan berarti kamu tak bisa memilih yang tepat.

Sebagai panduan kamu memilih, beberapa penjelasan akan minuman tradisional Jepang yang biasanya jadi menu andalan ini akan sangat membantu. 

Pilihan Menu Minuman Khas Jepang yang Enak

Harga menu minuman di tempat nongkrong cafe khas Jepang atau restoran biasanya tidaklah murah. Apalagi jika kamu mengunjungi restoran yang kelasnya tinggi. Otomatis cerdas dalam memilih menu akan menghindarkan kamu dari kekecewaan. 

Beberapa menu minuman khas Jepang yang rasanya enak dan tak akan mengecewakanmu berikut ini bisa dipilih. 

Mugicha

Jepang terkenal dengan minuman tehnya, selain ocha kamu bisa memilih menu mugicha. Minuman yang satu ini dibuat dari gandum bakar yang memberikan cita rasa sangat khas. 

Mugicha juga memiliki khasiat baik untuk kesehatan tubuh seperti menghindarkan dari rasa stress. Biasanya minuman ini disajikan dalam keadaan dingin atau dengan es batu. 

Kakigori

Jika di Korea kita mengenal Patbingsu, di Jepang yang terkenal adalah Kakigori. Minuman khas Jepang yang sangat populer ini terbuat dari es serut yang diatasnya diberikan susu kental manis dan buah. 

Berbeda dengan patbingsu yang dijual dalam porsi besar, biasanya kakigori bisa kamu temukan dalam porsi kecil. Menu minuman ini juga jadi dessert yang sangat terkenal dan sederhana. 

Kombucha

Kebanyakan orang yang mendengar Kombucha hanya mengetahui bahwa minuman ini terbuat dari salah satu jenis teh. Sayangnya persepsi itu salah, bukan berasal dari teh namun kombucha terbuat dari kelapa kering. 

Bahan tersebut kemudian dihaluskan dan diseduh. Kelp yang biasanya jadi bahan kaldu untuk masakan ternyata cukup enak ketika dijadikan minuman. Penyajiannya pun biasanya dingin. 

Oshiruko

Minuman yang satu ini bentuknya sedikit unik karena dibuat dari kacang merah dan dihaluskan. Menjadi menu wajib yang biasanya dikonsumsi saat musim dingin. Oshiruko memiliki rasa yang manis dan berwarna sedikit merah dengan tekstur kental. 

Bentuknya sebenarnya lebih mirip dengan sup karena kental dan disajikan saat panas. Hidangan yang hangat ini tentu jadi pilihan unik saat kamu di restoran Jepang.

Aojiru

Jepang memang terkenal dengan berbagai macam minuman yang bisa menjaga kesehatan. Salah satunya adalah aojiru yang terbuat dari bahan kangkung dan barley muda. Warnanya hijau pekat dan sering dikira ocha. 

Mendengar bahannya memang sedikit aneh, tapi minuman ini sangat menyehatkan lho. Biasanya di Jepang dijual dalam bentuk kemasan bubuk jadi tinggal seduh. Tapi jika kamu membelinya di restoran pasti dibuat langsung jadi masih fresh.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *