Apa itu GMAT? Ya, GMAT adalah tes potensi akademik berbahasa Inggris untuk tujuan mengambil gelar pascasarjana di luar negeri, lalu seperti apa tesnya?

Dan apakah pernah Anda mendengar GMAT ketika membaca persyaratan untuk lowongan masuk sebuah kampus di luar negeri.

Apa Itu GMAT? Berikut Ini Adalah Jawabannya

Ya, GMAT atau Graduation Manajement Administration Test adalah salah satu test yang mengukur kemampuan analisa seseorang apakah cocok dalam memasuki sebuah sekolah bisnis dimana Anda dapat mengikuti kursus Gmat Jakarta untuk hasil yang maksimal.

Walaupun skor GMAT bukan hal utama, tetapi skor ini menjadi bahan pertimbangan paling penting kampus untuk menerima anda masuk keperguruan tinggi.

Tes ini sering diujikan bagi mereka yang mengincar program Master Business of Administration atau biasa disebut dengan program MBA.

Banyak sekolah-sekolah bisnis ternama di luar negeri. Seperti Inggris, Amerika, Singapura dan Jerman yang membuka program MBA.

Tawaran masuk program MBA ini tidak semudah program studi biasanya. Karena selain proses administrasi, kemapuan berbahasa Inggris dan syarat yang lebih utama adalah memiliki skor GMAT.

GMAT adalah semacam ujian potensi akademik versi bahasa Inggris. Jika anda pernah mencoba test Potensi Akademik yang digelar BAPPENAS. Maka GMAT adalah versi bahasa Inggrisnya. Tetapi tentu saja jauh lebih sulit dibandingkan ujian Test Potensi Akademik BAPPENAS. Kenapa demikian? Karena test potensi akademik BAPPERNAS hanya digunakan sebagai pengukuran potensi masuk kampus secara umum, daya tahan stress dan pemetaan akademik. Test BAPPENAS banyak dijadikan syarat masuk kampus negeri di Indonesia dan menjadi model seleksi ujian CPNS.

Nah, sementara GMAT adalah tes pengukuran potensi yang meliputi analisa, kemampuan berpikir, menghadapi masalah, menghitung hingga proses pengambilan keputusan. Walaupun awalnya GMAT hanya dijadikan syarat bagi program MBA. Beberapa kampus yang membuka prodi non-MBA juga ada yang mensyaratkan GMAT sebagai ujian masuk. Atau sertifikat yang wajib dicantumkan.

Sebelum memutuskan mengambil tes GMAT. Anda harus memahami bahwa tes ini mewajibkan anda berusia di atas 18 tahun. Jika berada di bawah 18 tahun anda harus memperoleh ijin dari oran tua atau wali. Selain itu, tes GMAT hanya diperuntukan untuk memasuki sekolah pascasarjana. Jarang ditemukan tes GMAT untuk seleksi masuk program sarjana.

Berikut di bawah ini adalah macam macam tipe soal GMAT terdiri atas empat bagian, diantaranya:

1.Bagian pertama Penalaran Terpadu.

Bagian ini akan menguji kemampuan anda mengenai analisa grafil, tabel, relasi grafik dengan sebuah tabel, dll.

2.Bagian kedua mengenai Kuantitatif.

Sementara bagian kedua ini akan menguji kemampuan anda dalam bidang matematik. Seperti kemampuan geometri, artimatika dan al-jabar. Serta relasi dan problematika di antara ketiganya. Biasanya soal-soal gabungan yang membutuhkan penalaran tingkat tinggi.

3.Bagian ketiga mengenai Verbal

Bagian ini akan menguji kemampuan berbahasa anda. Mengenai wawasan kebahasaan, koreksi sebuah kalimat hingga gabungan di antara keduanya.

4.Bagian keempat mengenai Analitik

Bagian ini akan menguji kemampuan anda dalam sebuah analisis. Semisal menganalisa sebuah kasus, sebuah argumen apakah cocok diterapkan, serta gabungan di antara keduanya.

Sekianlah informasi mengenai GMAT, dan apabila ingin mengikuti kursus GMAT maka bisa di website Westwoodprep dimana merupakan tempat kursus preparation GMAT no 1 di Jakarta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *