Apakah si kecil memiliki tanda lahir? Berupa tahi lalat atau bercak? Ada beberapa hal yang Mama Papa perlu ketahui tentang tanda lahir-tanda lahir tersebut. Sebagian kecil bayi lahir dengan bercak/tanda di tubuhnya. Ketika dokter atau petugas kesehatan yang membantu persalinan menemukan bercak, mereka akan memeriksa dan menyampaikan kepada orangtua si bayi.

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

Yang dimaksud tanda lahir adalah tahi lalat dan bercak pigmen (stain) atau bercak tipe pembuluh darah (vaskuler). Apa pun tanda lahir si kecil, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter anak atau ke dokter kulit. Sebelum dipastikan apakah tanda lahir tersebut berbahaya atau tidak, dokter umumnya akan memantau dan mengobservasinya selama 6 bulan.

3 Golongan Bercak

Untuk tanda lahir bercak, perlu Mama ketahui, ada 3 golongan. Pertama, bercak yang merupakan bawaan lahir; kedua , bercak karena infeksi; dan ketiga, bercak lantaran trauma waktu lahir. Bercak yang merupakan bawaan lahir, contohnya strawberry mark (hemangioma kongenital). Menurut dokter Akira Prayudijanto, strawberry mark tidak berbahaya, sepanjang tanda lahir itu tidak terbentur dengan apa pun yang keras. Sebab strawberry mark sejatinya adalah pembuluh darah.

Bila pembuluh darah itu pecah, darahnya bisa keluar melalui permukaan kulit. Waspadai juga, bila strawberry mark semakin lama semakin lebar, karena bisa menjadi pertanda tumbuhnya kanker kulit. Sementara bercak karena infeksi, terlihat bintik-bintik merah di kulit yang sebetulnya adalah manifestasi perdarahan di bawah jaringan kulit. Hal ini bisa terjadi bila Mama terkena infeksi TORCH seperi toksoplasma, rubella, herpes. Bercak karena infeksi ini bisa berbahaya bila sampai terjadi perdarahan.

Kadang kala, tranfusi darah diberikan untuk mencegah terjadinya perdarahan. Selain itu, Mama pun harus diobati penyebabnya (TORCH-nya). Bercak yang terjadi karena trauma kelahiran seperti pada proses vakum/ alat bantu lahir, akan menimbulkan hema toma (pada kulit akan tampak seperti warna biru/ ungu) seperti bekas tergencet pintu. Bercak karena hematoma bisa berbahaya karena isinya darah yang membeku. Bila sedikit akan diserap tubuh. Tapi bila banyak dikhawatirkan membuat bayi syok karena terlalu banyak darah keluar.

Sumber : https://eduvita.org/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *