Selain bahan dan kandungannya yang bermacam-macam, concealer memiliki beberapa bentuk atau wujud. Oleh karena itu, cara memakai concealer juga akan bergantung pada hal-hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara memakai concealer berdasarkan bentuknya yang akan sangat membantu kaum wanita.

Cara Memakai Concealer Sesuai Dengan Bentuknya

1. Concealer stick

Seperti namanya, dengan bentuk yang mudah dipegang concealer ini mudah dan cocok diterapkan di area sekitaran mata. Cara memakai concealer jenis ini adalah seperti jika kita menerapkan lipstik pada bibir.

Sayangnya concealer bentuk ini beresiko akan menyebabkan kulit menjadi kendor apabila penggunaannya salah. Hal itu karena cara memakai concealer cenderung menarik garis area sekitar mata yang akan dikenai. Untuk itu, sebaiknya kita menggunakan pelembab terlebih dahulu sebelum menggunakan concealer ini.

Baca Juga: Cara Membasmi Rayap Dirumah

2. Concealer liquid

Concealer ini berupa bentuk cair yang ada dalam wadah dan dilengkapi dengan peralatan tambahan yaitu berupa stik kecil. Dalam cara memakai concealer ini, sebenarnya kita juga bisa mengoleskannya dengan jari langsung, tapi akan lebih sulit diatur ketimbang kita menggunakan tool berupa stik.

3. Concealer cream

Jenis ini adalah concealer dengan tekstur yang sangat lembut dibanding yang lainnya. Wujudnya hampir sama dengan concealer berbentuk liquid, akan tetapi bentuk cream ini lebih mudah dikontrol oleh seseorang yang tidak terbiasa memakai concealer.

Cara memakai concealer adalah dioleskan pada kulit yang ingin dikenai. Setelah dioleskan pada area kulit, kemudian dapat dilanjutkan dengan penghalusan atau pemerataan menggunakan kuas atau spons.

Bagi seseorang yang memiliki kulit kering, concealer ini sangat cocok dipilih dan digunakan. Hal itu karena concealer jenis ini sangat mudah membaur pada kulit, walaupun kadang-kadang juga menjadi berminyak dan memperlihatkan garis wajah.

4. Concealer matte-finish liquid

Concealer jenis yang satu ini sangat cocok untuk menghilangkan garis wajah dan menutupi jerawat dengan baik. Sayangnya, jenis ini sangat mudah kering jika kita melakukan aktivitas di luar ruangan. Cara memakai concealer jenis ini sebenarnya sama dengan cream.

Cara Memakai Concealer Sesuai Dengan Fungsi

Cara memakai concealer juga akan bergantung pada fungsi yang kita tuju. Hal itu karena hanya untuk meratakan kulit, concealer juga dapat digunakan untuk beberapa kepentingan make up yang lain. berikut adalah cara memakai concealer sesuai fungsi yang diperoleh.

1. Untuk primer bibir

Untuk membuat warna lipstik menjadi semakin terlihat, kita dapat menggunakan concealer. Selain itu, membentuk garis bibir juga dapat menjadi kegunaan concealer yang lain. Cara memakai concealer untuk keperluan ini tentu akan lebih mudah menggunakan stick.

2. Untuk contouring

Untuk kita yang tidak mempunyao produk countouring dan highlight dapat menggunakan concealer sebagai gantinya. Akan tetapi dengan catatan bahwa shade yang dipakai harus lebih gelap dari warna asli kulit kita. Cara memakai concealer untuk keperluan ini tentu diusapkan merata.

3. Membentuk winged eyeliner

Selain kita tidak harus membeli produk countouring, kita juga dapat menghemat eyeliner dengan mengaplikasikan concealer sebagai gantinya. Cara penggunaan untuk keperluan ini akan lebih mudah bila menggunakan stick.

4. Merapikan bentuk alis

Untuk kita yang sering tidak presisi atau miring saat menggambar alis, kita bisa menggunakan concealer untuk menghapus atau membenarkan bagian yang tidak sesuai. Concealer jenis stick atau liquid bisa kita gunakan dengan cara membentuk garis.

5. Untuk melentikan bulu mata

Ada kalanya bulu mata jadi bandel dan tidak menurut pada maskara. Untuk menanganinya, kita dapat menggunakan concealer cream atau stick, dengan hati-hati tentunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *