Megawati memberikan potongan tumpeng pertama buat Ahok. ”Itu merupakan sinyal yang sangat kuat Ibu Megawati menaruh harapan pada Ahok,” ujar Hasto. Perjumpaan Ahok dengan Megawati berlanjut dengan dua kali pertemuan berikutnya sepanjang Februari lalu. Mereka membahas pencalonan Ahok sebagai gubernur, termasuk dukungan dari relawan pendukung Ahok yang bergabung dalam Teman Ahok. Hasto mengatakan PDI Perjuangan tetap menawari Ahok melalui jalur partai. PDI Perjuangan mengajak Teman Ahok bekerja sama menggalang dukungan dengan mesin partai. Dalam dua pertemuan itu, disepakati akan ada pertemuan berikutnya untuk menindaklanjuti kerja sama Teman Ahok dan partai. Pertemuan-pertemuan itu di hadiri Megawati, Hasto, Puan Maharani, dan Ahok. PDI Perjuangan kaget karena secara tiba-tiba pada 7 Maret lalu Ahok menyatakan maju sebagai calon independen ”Padahal saat itu partai sudah memberikan kesempatan kepada Ahok,” kata Hasto.

l l l SETELAH ada tanda-tanda hubungannya dengan PDI Perjuangan membaik, Ahok masih belum mau mengumumkan keputusannya maju lewat partai politik. Sebaliknya, pada Kamis pekan lalu, dia mengaku belum berubah pikiran dan tetap akan maju lewat jalur independen. Bahkan Ahok memuji langkah para relawan pendukungnya yang akan proaktif dalam memverifikasi bukti dukungan buat Ahok-Heru. Ia juga yakin kartu tanda penduduk akan mencapai jumlah satu juta pada 20 Juni ini. ”Saya enggak mungkin meninggalkan Teman Ahok,” ujarnya. Namun seorang petinggi PDI Perjuangan mengatakan upaya menarik Teman Ahok agar mendukung Ahok-Dja rot tinggal selangkah lagi. Dia optimistis, pada akhir Juli nanti, Ahok-Djarot segera dideklarasikan sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Saat ini, kata dia, sedang digodok rencana jalan keluar yang elegan buat Teman Ahok. ”Exit plan-nya sedang kami pikirkan.”

Di tengah sikap politiknya yang berayunayun, Selasa dua pekan lalu, Ahok tibatiba menyatakan Heru merasa mendapat tekanan politik setelah menjadi calon wakil gubernur. Kabar Heru mundur mulai berembus. Tapi Ahok menepis kabar ini. ”Heru saya ledek, kalau enggak mau, saya kembali ke bini lama,” ujar Ahok. Heru juga membantah pernah menyatakan diri mundur. ”Enggak ada itu,” katanya. Pendiri Teman Ahok, Singgih Widyastono, menyebutkan Ahok tidak mungkin kembali ke partai politik. Menurut dia, Teman Ahok dan Basuki berkomitmen untuk tetap menempuh jalur independen. Apalagi KTP dukungan sudah mendekati jumlah satu juta. Singgih mengatakan pertemuan Ahok, Megawati, dan Jokowi itu wajar dalam politik. Tentang tudingan bahwa Teman Ahok ”menabrak” kiri-kanan sehingga ada potensi kasus hukum, dia menyangkal. ”Teman Ahok tidak punya masalah hukum dengan pendanaannya,” ujarnya. ”Kami siap diaudit.”

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *