teknorus.com – Segmen kelas menengah punya potensi penjualan yang cukup bagus belakangan ini. Meski harganya masih tinggi (Rp 1,8 – Rp 3 juta), tetapi smartphone di kelas ini memiliki daya tarik tinggi bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Apa pasal? Fiturnya saat ini tak kalah menarik dengan yang dimiliki smartphone premium. Contohnya, LG yang punya ftur Knock Code di tiga smartphone L series yang baru saja diluncurkan, L40 (Rp1,299,000), L70(Rp2,149,000), dan L90 (Rp2,999,000). Fitur ini sebelumnya sudah ada di beberapa smartphone premium LG seperti LG G2 dan G Flex.

Baca juga : WA WEB

Dengan Knock Code, pengguna L40, L70, dan L90 bisa membuka layar smartphone yang terkunci dengan hanya mengetuk pola yang sudah dibuat, di seluruh bagian layar. Pengguna bisa membuat kombinasi antara dua hingga delapan ketukan. Knock Code mampu menciptakan 80.000 lebih kemungkinan kombinasi yang bisa diaplikasikan dengan baik pada ukuran layar berbeda. Strategi membekali ponsel kelas menengah dengan ftur kelas atas tersebut, langsung disambut pasar dengan baik.

Menurut Mutia, pemilik Mutiara Cell di ITC Roxy Mas, dari tiga jajaran seri L yang diluncurkan, L90 yang kini banyak diminati. “Sehari bisa lepas tiga hingga lima unit. Buat smartphone pendatang baru pesonanya di mata pembeli sangat bagus,” terangnya. Di sisi lain, Asus pun bikin ngeri pesaingnya, dengan melempar tiga produk yang diotaki prosesor intel dengan harga di bawah tiga juta. Ketiganya adalah Asus Zenfone 4 (Rp1,099,000), Zenfone 5 (Rp2,099,000), Zenfone 6 (Rp3,099,000).

Beberapa ftur menarik yang ditawarkan ialah pemakaian Asus ZenUi, Quad Thread Threading prosesor, Asus TruVivid, Gorilla Glass 3, Asus Sonic Master, Pixel Master Camera, dan Asus PenTouch. “Banyak juga yang cari ketiganya, speknya juga bagus. Namun, pembeli yang awam masih berkutat dan lebih memilih produkproduk pada merek Samsung, LG dan Nokia,” ujar Mutia. SINYAL juga menyelidik ke pusat pertokoan ponsel di PGC Cililitan, Jakarta Timur, beberapa pedagang mengaku seri Samsung masih mendominasi.

Semisal Samsung Galaxy Core. Dan kini Samsung pun menawarkan Galaxy Tren (Rp1,999,000) yang lebih anyar, dengan spek yang tak kalah ciamik. “Kalau smartphone ya Samsung, ga ada matinya,” ujar salah seorang pedagang di sana. Menurutnya, BlackBerry kelas menengah juga masih banyak dicari, seperti BlackBerry Curve, Amstrong, Davis. Sedangkan BlackBerry Jakarta masih pre-order jadi masih belum banyak yang tahu. Pre-order BlackBerry Z3 sudah dapat dipesan lewat distributor yang ditunjuk seperti Erafone, Global Teleshop, Okeshop dengan harga promosi yang beragam.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *