Inovasi Pemasaran dengan Jasa SEO Semarang. Eli memasarkan cokelat buatanya dengan cara canvassing langsung kepada konsumen dan menitipkan di toko secara konsinyasi. Cokelat ini biasanya di jual di minimarket-minimarket ataupun di rumah makan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan. Saat ini ia telah menyebar cokelatnya di berbagai daerah di Bogor, Sukabumi, Bandung, dan Purwakarta. “Jumlah total toko yang saya titipi saat ini sebanyak 250 outlet,” celetuknya penuh rasa bangga. Strategi pemasaran lain yang diterapkan yaitu dengan jalan ikut serta dalam berbagai pameran dan bazar. Ia pun menciptakan cokelat bercita rasa tradisional.

Menggabungkan antara cokelat dengan dodol dan cokelat dengan kurma. Produk cokelat itu kemudian diberi brand Cokelat Nuhun. Cokelat Nuhun terdiri dari tiga bentuk produk yaitu cokelat bar, cokelat snack dan cokelat spesial. Cokelat batang memiliki 3 rasa yaitu buah pala, jahe dan kopi. Namun demikian, nampaknya inovasi ini tidak begitu mendapatkan tanggapan yang antusias dari konsumen. “Cokelat seperti ini cocok bagi orang dewasa, sementara kebanyakan orang dewasa takut mengonsumsi cokelat karena tak mau obesitas,” katanya.

Eli kemudian berinovasi lain, ia membidik segmen anak-anak sebagai target utamanya. Wanita kreatif ini kemudian membuat cokelat stick. Cokelat yang dicetak berbentuk berbagai tokoh kartun dengan corak warna-warni. Inovasi ini ternyata mendapatkan tanggapan bagus dari pasar. Sejak itu, Eli memfokuskan diri untuk memproduksi cokelat untuk anak. Menurutnya, sekitar 50% konsumennya adalah anak-anak, 30% adalah remaja dan sisanya adalah orang dewasa. Inovasi yang dilakukan bukan hanya sebatas pada produk. Eli juga melakukan inovasi marketing.

Ia, menyelenggarakan pelatihan membuat cokelat untuk anakanak. Misalnya menggambar dengan cokelat. “Konsepnya adalah cooking class,” kata Eli. Strategi pemasaran seperti ini terbukti mampu menjauhkan Eli dari persaingan. Cokelat tidak hanya sebagai konsumsi camilan saja. Cokelat bisa merambah pada ragam bisnis lainnya. Di antaranya: cokelat untuk bisnis kecantikan, kursus cokelat dan mesin pengolah cokelat.

Kunci Sukses Mempelajari jenis dan sifat cokelat, teknik tempering (melelehkan), pembuatan cokelat. Mempelajari trik mencetak cokelat agar hasilnya bagus dan siap untuk dikonsumsi. Memilih bahan baku cokelat yang akan digunakan. Memilih cokelat yang berkualitas agar rasa dan hasilnya lebih memuaskan. Perhatikan juga kemasan. Membuat kemasan yang menarik dan seunik mungkin. Inovasi produk maupun strategi pemasaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *