Pemikiran Strategis Bezos

Keberuntungan juga memiliki peran dalam kesuksesan Amazon. Akan tetapi, sesuatu yang harus dicatat bahwa Bezos bukan satusatunya orang yang memiliki ide seperti itu. Puluhan toko web onlinedengan model bisnis yang sama sudah ramai di Internet. Namun, pendekatan strategis Bezos mampu melampaui rencana para pesaingnya.

Baca juga : Net89

Alih-alih mengantongi keuntungan, ia justru menginvestasikan dana dalam membangun infrastruktur dan terus-menerus mengembangkan produk baru dan model bisnis. Setiap kali ada “pukulan” ke Amazon, ia selalu di atas dengan inovasi-inovasinya yang kompetitif, seperti review dari pelanggan, fungsi pencarian teks, dan proses pesan dengan 1 klik. Inovasiinovasi ini sudah ada pada saat Amazon muncul.

Ketekunan dan tekad yang kuat pada akhirnya bisa memuaskan Bezos sampai hari ini. Amazon telah memimpin dan sulit untuk dikejar oleh para pesaingnya. Namun Amazon tidak berhenti di situ saja. Kini mereka sedang membangun strategi untuk memimpin lebih jauh. Saat ini, Amazon memperkenalkan produk baru yang bagus hampir setiap dua minggu atau menawarkan kesepakatan tak terduga. Bezos adalah salah satu direksi yang turut mengelola Amazon. Bezos telah memahami bahwa inovasi adalah produk yang paling penting.

Masing-masing produknya dapat memberikan keuntungan sehingga mereka dapat berjalan beberapa langkah di depan para pesaingnya. Strategi ini memberikan keuntungan ganda. Namun, hal itu hanya salah satu rencana jangka panjang Amazon. Hanya untuk lima, e nam, atau tujuh tahun ke depan, yang dapat memberi Bezos keunggulan yang kompetitif. “Pendekatan jangka panjang kami sangat jarang bisa bersaing dengan beberapa perusahaan lain. Kebanyakan perusahaan selalu ingin melihat laba investasi dalam satu, dua, atau tiga tahun,” ujar Bezos.

Akibatnya, Bezos tidak pernah bereaksi terhadap setiap gerakan di pasar yang pasif karena ia sendiri dapat membawa perubahan. Dengan kata lain, apa pun yang dilakukan Amazon tidak seperti melempar sebuah tantangan. Namun, orientasi strategis ini hanya salah satu aspek dari keberhasilan Amazon. Bezos mungkin bisa menjadi manajer kreatif dan berani. Namun, ia tetap sebagai penjual yang sangat berbakat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *