Produk Makanan Unggulan khas Toscana

Di setiap daerah di seluruh Italia, ada begitu banyak produk makanan yang telah memiliki sertifikat internasional akan jaminan mutu dan citarasa. Sertifikat yang diberi nama d.O.c (denominazione di Origine controllata) dan i.g.p (indicazione geografica protetta) melindungi keaslian bahan baku sebuah produk, menjamin kualitas lewat metode lacak (traceability) modern, dan memberikan nilai lebih kepada konsumen akhir.

Untuk provinsi Toscana sendiri ada 24 produk pangan yang telah memiliki sertifikat ini dan akan terus bertambah daftarnya, misalnya saffron dari San Gimignano, kue ricciarelli dari Siena, keju pecorino Toscano, lardo Collonata, bawang bombay merah Certaldo, minyak zaitun dari Chianti, daging sapi dari ras chianina, dan masih banyak lagi. Semua produk ini memiliki keunikan citarasa tersendiri dan juga aplikasi resep yang tidak merusak citarasa aslinya.

Katakan untuk menu terkenal Fiorentine beef steak, citarasa terbaik hanyalah menggunakan daging dari ras kuno Chianina, dimana bobot satu ekor sapi jantannya bisa mencapai 2 ton. rasa daging ini luar biasa, tanpa minyak berlebihan, dengan rasa gurih susu. Bawang bombay merah dari daerah certaldo sangat unik. Memiliki dua varian, yakni si ungu Statina dan si merah darah vernina. akan terasa renyah walau sudah dimasak lama, dengan rasa kadar air yang tinggi. cocok bila dimakan mentah dengan sayur-sayuran segar karena aromanya tidak tajam menusuk. Kue ricciarelli dari Siena juga sangat lezat. dengan terbuat murni dari tepung almond, gula, putih telur, dan vanila membuat kue ini tidak mengandung gluten dan sangat digemari oleh segala usia.

Dengan tema bercocok tanam kenangan, dan memberi nutrisi masa depan, Expo Rurale mengusung misi yang begitu maju ke depan dan secara konsisten dilakukan karena apresiasi akan alam berhasil mereka terapkan. Sangat memungkinkan bagi Indonesia untuk membuat banyak acara serupa bukan hanya untuk sekedar nampak cantik di kemasan luar, namun padat berisi sarat kearifan lokal dari dalam.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *