RAM Smartphone Terbaik dari FIN888 – Berbeda dengan Android, sistem operasi Windows Phone tidak menggunakan kernel Linux dan bahasa pemrograman Java untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Pada Windows Phone, mobile kernel dikembangkan sendiri oleh Microsoft sehingga penggunaan sumber daya RAM pun lebih optimal.

Kernel pada Windows Phone sendiri dikembangkan dengan menggunakan bahasa C/C++. Tidak seperti Android yang dikembangkan dengan bahasa Java, bahasa C/C++ tidak menerapkan sistem garbage collector untuk memory handling. Oleh karena itu, perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows Phone pun masih dapat berjalan dengan mulus meski RAM yang terpasang hanya 512 MB. Untuk Anda yang banyak menggunakan aplikasi secara multitasking ataupun bermain game, RAM sebesar 1 GB pada perangkat Windows Phone sudah cukup mumpuni untuk melakukan hal tersebut.

Dengan tidak adanya garbage collector, Windows Phone tidak menghasilkan banyak “sampah” seperti registry, file junk, cache, dan lain-lain. Ukuran aplikasi pada Windows Phone pun dapat ditekan sehingga tidak banyak memakan ruang pada media penyimpanan. iOS Berbeda dengan Android dan Windows Phone, sistem operasi iOS hadir secara ekslusif. Pasalnya, sistem operasi ini hanya digunakan oleh Apple saja. Tidak hanya sebagai produsen hardware, Apple juga berperan sebagai produsen software pada produknya.

Tidak heran jika sistem operasi iOS mampu mengoptimalkan seluruh potensi hardware yang terdapat pada perangkat Apple, seperti iPhone dan iPad. Di tengah-tengah ramainya penggunaan RAM sebesar 3 GB pada perangkat Android kelas premium, Apple masih tetap percaya diri dengan RAM sebesar 1 GB. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang diluncurkan beberapa waktu lalu bukanlah perangkat yang murah.

Namun Apple mampu membuktikan bahwa RAM 1 GB masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan berbagai aplikasi pada iOS hingga saat ini. Seperti halnya iPhone 5s, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pun masih menggunakan jenis RAM yang sama, yakni LPDDR3. Berbeda dengan perangkat lainnya yang memilih strategi untuk memberikan kapasitas RAM lebih besar dan jumlah inti prosesor yang lebih banyak, Apple lebih memilih untuk menggunakan GPU yang lebih kencang serta prosesor 64-bit untuk memenuhi kebutuhan pengguna saat ini.

Sumber : https://net89.net/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *