SAYANG KAMERANYA KURANG JEMPOLAN

Fitur audio playernya minim, meski ada equalizer standar bawaan Google, yaitu 11 pilihan equalizer siap pakai, 5 kanal equalizer manual, plus bass bost dan surround. Saat memutar lagu, dengan mudah kita bisa terhubung ke cloud seperti Asus WebStorage, Dropbox, OneDrive dan Drive. Output speaker stereonya cukup baik meski kurang keras, dengan nada tengah yang dominan. Karena speaker menghadap belakang, efek stereo kurang terasa. Lewat headset, suara lebih jernih meski nada treble tak kunjung muncul. Malah nada bass yang tampil percaya diri dan cukup mantap. O ya, Asus tak menyertakan earphone di paket penjualannya, jadi mesti disiapkan sendiri. Radio FM sebagai alternatif hiburan, tak tersedia. 6 Kamera Sebagai alat kerja, kamera tablet memang tak perlu terlalu diharapkan. Hanya beresolusi 2 MP tanpa fl ash, kualitas kamera utamanya terbilang kurang. Sebenarnya, fi tur kameranya lengkap. Selain HDR, sebelas efek menarik, juga ada anti shake, burst, auto exposure, face detection dan video stabilization. Scene menarik juga tersedia, seperti Time rewind, Panorama, Night, Selfie, Beautifi cation, Miniature, Smart remove, All smiles, dan GIF animation.

Di luar ruang, foto kurang tajam dengan warna cenderung pucat, serta noise yang terlihat. Objek berkontras tinggi juga sulit dikelola sehingga cahaya tampak berlebih atau malah kurang. Di dalam ruang, ketajaman lebih menurun dengan noise yang lebih meningkat. Sementara itu, dengan resolusi lebih rendah (VGA), kamera depan hanya memadai untuk video chating. Rekaman videonya lebih menurun hasilnya, dengan video luar ruang yang kurang tajam dan warna pucat, serta noise tinggi. Di dalam ruang, noise lebih tinggi lagi dan sudah menganggu saat diputar. Untungnya, video berjalan lancar tanpa tersendat. 8 Kinerja Kinerja gesit bisa dinikmati di tablet ini, baik saat digabung dengan keyboard maupun saat dilepas sebagai tablet semata. SINYAL sengaja meng-install banyak aplikasi dan game. Asyiknya, game-game berat ini berjalan mulus tanpa ada gejala lag. Waktu loading juga terbilang cukup baik. Multitasking dengan membuka banyak aplikasi bisa berjalan lancar dan tak terlalu membebani aplikasi yang sedang aktif. Browser bawaan standar saja.

Namun berkat kinerja gesit dan layar lega, membuat berselancar di tablet ini terasa nyaman. Kesulitan di tablet biasa yang sering terjadi saat ingin mengetikkan alamat atau email, tak bakal ditemui di sini. Keyboardnya begitu nyaman dipakai mengetik cepat dan berlama-lama. Respon layar yang cepat terhadap sentuhan jari memang membuatnya nyaman dipakai sebagai tablet. Sayangnya, respon mouse pad tak segesit akses langsung ke layar sentuh, meski masih bisa ditoleransi. Koneksi ke media lain berlangsung mudah dan cepat. Selain lewat wirelless, seperti WiFi dan Bluetooth, tentu juga lewat kabel data. Dihubungkan ke PC, tablet hanya perlu instalasi driver otomatis sebentar, lalu langsung bisa terhubung sebagai media simpan (storage). Begitu pula saat dipasangkan mouse tambahan, langsung dikenal dan bisa dipakai dengan lancar. SINYAL juga mencoba menghubungkan USB flashdisk, yang langsung dikenali dan dibaca isinya. Namun, untuk dokumen Office seperti Word dan Excel, tak bisa langsung dibuka karena belum tersedia aplikasinya. Sementara, untuk fi le multimedia, bisa langsung dibuka dan dinikmati. Bekal prosesor Intel Atom Quad Core memang terlihat menggigit dari sisi kinerja.

Kinerja stabil meski dibebani aktivitas berat berlamalama, serta baterai yang cukup awet. Baterai Hasil uji benchmark juga menunjukkan skor yang tinggi, sebagai berikut. Dengan layar 10.1 inch dan harga Rp 3,8 juta, Transformer Pad bisa dibilang tak memiliki pesaing. Lawan yang ada adalah tablet berlayar lebih kecil dengan prosesor Quad Core, seperti Samsung Galaxy Tab 4 8.0 inci (Rp3,8 juta), Samsung Galaxy Tab 4 7.0 inci (Rp3,1 juta), LG G Pad 8.0 (Rp3,5 juta), Huawei MediaPad M1 (Rp3,5 juta), Lenovo Yoga 8.0 3G (Rp3,2 juta), HP Slate VoiceTab (Rp2,7 juta), dan Huawei Honor Tablet 8.0 (Rp2,5 juta). Semuanya masih harus ditambahkan keyboard Qwerty eksternal dari pihak ketiga, yang belum tentu setangguh dan senyaman keyboard bawaan tablet ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *