Seiring bertambahnya usia kehamilan, janin pun tumbuh semakin besar. Mulai berasa lelah, ya, Bunda, “menggendong” perut yang semakin membuncit. Tidur pun mulai susah, apalagi jika disertai sulit bernapas. Belum lagi keluhan lainnya, seperti: nyeri ulu hati, sakit punggung, kram kaki, dll. Namun, semua ketidaknyamanan langsung tergantikan oleh rasa bahagia tiada tara setiap kali ingat bahwa di rahim kita ada sesosok makhluk mungil yang sedang tumbuh dan berkembang.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

Apalagi setelah si kecil di kandung an dapat menunjukkan bahwa “dirinya ada” melalui gerakan-gerakannya. Bagi Bunda yang baru pertama kali hamil, umumnya tendangan/ gerakan janin baru bisa dirasakan mulai minggu ke-20. “Saya pertama kali merasakan janin menendang itu di usia kehamilan 6 bulan. Semakin bertambah usia kehamilan, semakin kencang tendang annya. Rasanya bahagia, riang, dan semakin tak sabar ingin melihat calon bayiku,” cerita Putri Mozza Fernando.

“Saya malah sudah menunggu-nunggu tendangannya dari usia kehamilan empat bulan, tapi baru berasa jelas banget pas enam bulan,” kata Bhakti Hariani. “Mantap banget. Bahagia tiada terkira. Suami juga jadi penasaran, selalu nanya, ‘Dede-nya nendang lagi nggak? Hari ini Dede udah nendang belum?’ Dia antusias juga saat tahu debay udah bisa eksis lewat tendangan, he he he…” Sementara, Triyulia Rini merasakan pertama kali gerakan janinnya di usia kehamilan 8 bulan. “Sudah terasa banget dan selalu menendang, apalagi malam hari waktu mamanya tidur suka nendang-nendang perut. Senang banget, deh, rasanya si bayi aktif di dalam perut.”

MINUM SUSU Jadi, kita harus menjaga si buah hati sejak di dalam kandungan, dari pola makan, seperti: makan sayur-sayuran, sebisa mungkin tidak makan makanan siap saji dan mengandung MSG, serta minum susu khusus ibu hamil setiap hari untuk melengkapi nutrisi selama hamil,” papar Sittie Neng Rya, yang juga tak lupa berolahraga dan berusaha untuk tidak stres, serta rutin periksa hamil dan mengonsumsi vitamin dari bidan/dokter. Yang menarik, para bunda ini tak lupa minum susu, termasuk susu khusus kehamilan.

Sampai-sampai, seorang member fan pages Facebook nakita, Damai Manik, langsung heboh mencari susu kehamilan usai periksa hamil pertama kali, ha ha ha….! Nah, bagaimana dengan peng alaman Bunda sendiri? Rasanya sungguh tak sabar, ya, menunggu si buah hati lahir. Selamat menikmati indahnya kehamilan!

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *